Breaking News
Loading...

Bahaya Penyakit Diabetes Melitus

00:40
Kadang gula tidak selalu manis bagi kita,terlebih lagi jika itu bersangkutan dengan hal yang tidak menyenangkan seperti penyakit diabetes melitus atau yang bagi sebagian orang disebut penyakit gula atau kencing manis.Penyakit ini ditandai oleh kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin.akibat adanya gangguan itu tubuh penderita menjadi tidak dapat memproduksi hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas sehingga kadar gula meninggi dan menyebabkan komplikasi jangka pendek ataupun jangka panjang pada pasien tersebut.


Diabetes sendiri dibagi menjadi beberapa tipe,dan untuk tipe 1 walaupun gejala bisa muncul kapan saja,namun biasanya gejala timbul sebelum pasien berusia 30 tahun,dan pada pasien tipe 1 ini memerlukan insulin yang berasal dari luar tubuhnya untuk kelangsungan hidupnya.Sedangkan pada penderita diabetes melitus tipe 2,biasanya mengalami gejala ketika berumur 30 tahun keatas,dan tidak memerlukan insulin dari luar tubuh,kecuali hanya pada saat-saat tertentu.
Tipe diabetes lainnya adalah diabetes gestasional,tipe ini terjadi pada wanita hamil karna disebabkan oleh gangguan toleransi glukosa.

Bahaya-Penyakit-Diabetes-MelitusUntuk saat ini,penderita dengan tipe 2 semakin meningkat,dikarenakan pola hidup yang tidak sehat,kurangnya bergerak dan pola makan yang tidak terkontrol.
Dan gejala-gejala yang ditimbulkan pada penderita tipe 2 diantaranya adalah.
  • Banyak makan
  • Rasa haus yang sangat berlebihan
  • Turunnya berat badan secara tiba-tiba
  • Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering
Ketika seseorang terkena diabetes,sangat penting baginya untuk tetap mengontrol gula darahnya,karna jika diabaikan dapat menimbulkan komplikasi.
Untuk komplikasi jangka pendek misalnya seperti hipoglikemia(keadaan dimana kadar gula terlalu rendah <70 mg/dl) gejala yang dirasakan adalah berkeringat,jantung berdebar,rasa lapar,dan gemetar.gejala-gejala ini jika tidak segera diterapi,bisa membuat pasien kehilangan kesadarannya,meracau dan kejang-kejang.

Sedangkan komplikasi jangka panjang biasanya melibatkan pembuluh darah besar maupun kecil serta sistem saraf.dan komplikasi ini bisa mengenai organ yang vital seperti otak,jantung,ginjal,mata,persyarafan dan yang lainnya.karna itulah diperlukan pemeriksaan yang rutin dan secara teratur.

Hmmm,setelah membaca artikel ini,saya rasa kita layak sadar untuk menjalani pola hidup yang sehat,karna pola hidup tidak sehat memiliki banyak andil sebagai penyebab di berbagai penyakit,dan sebaliknya pola hidup yang sehat pun memiliki banyak andil sebagai pencegah berbagai macam penyakit,jadi tunggu apa lagi segera benahi pola hidup kita agar menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
 
Toggle Footer