Breaking News
Loading...

Gejala Awal Kanker Rahim Dan Pencegahannya

00:19
Kanker rahim adalah sejenis tumor ganas yang berada di endometrium(lapisan terdalam rahim atau tempat menempelnya ovum yang telah dibuahi).kanker yang juga disebut sebagai silent killer(karna sulit terdeteksi hingga stadium lanjut)ini merupakan jenis kanker yang paling ditakuti oleh kebanyakan wanita karna bisa mempengaruhi kemampuan reproduksinya.

Karena sulit untuk dideteksi,ada baiknya kita mengetahui gejala-gejala kanker rahim yang diantaranya adalah.
    Gejala Awal Kanker Rahim Dan Pencegahannya
  • Ganguan pencernaan
  • Rasa sakit selama hubungan intim
  • Lemas dan letih yang berkelanjutan
  • Sakit pada daerah perut bagian bawah atau pinggang/panggul
  • Perubahan dalam siklus menstruasi
  • Pendarahan di luar masa haid yang berlebihan
  • Keluar cairan putih yang encer atau jernih
Walaupun bukan gejala yang spesifik,ada baiknya jika anda memeriksakan diri apabila mengalami gejala-gejala di atas.

Penyebab kanker rahim

Merokok

Walau rokok lebih identik dengan pria,namun tak jarang kita temukan wanita yang mempunyai kebiasaan merokok,padahal sudah tercantum jelas pada kemasan bahwa rokok bisa menyebabkan kanker,ganguan kehamilan dan janin.

Sabun pembersih dan bedak

Menggunakan sabun pembersih tanpa anjuran dokter bisa menyebabkan lecet atau iritasi di bagian kewanitaan,dan begitu pula dengan bedak yang bisa mendatangkan resiko pada kanker yang terjadi di sekitar organ intim.

Kurangnya asupan gizi dan vitamin


Tubuh sangat membutuhkan vitamin untuk menjaga daya tahannya,kekurangan vitamin dan gizi dapat menyebabkan tubuh anda lebih mudah untuk terserang penyakit.

Diet rendah lemak

Lemak potensial yang didapat dari berbagai jenis makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi akan meningkatkan produksi hormon estrogen, jika tubuh banyak menyimpan lemak akan mempengaruhi hormon estrogen semakin banyak dan berubah menjadi sel kanker akan menghantam badan rahim.
 
Toggle Footer