Breaking News
Loading...

Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak

12:04
Pernahkah anda mendengar potongan nesihat orang tua seperti ini,"seorang anak yang percaya diri lebih mungkin untuk menjadi sukses, lebih mungkin untuk disukai, dan lebih mungkin untuk menjadi lebih bahagia".


Pernahkah anda mendengarnya?
Bagaimana pendapat anda mengenai hal itu?
Jika anda setuju, beberapa tips di bawah ini mungkin akan sangat menarik disimak untuk membantu anda untuk membangun rasa percaya diri pada anak.

1. Pujilah anak ketika dia melakukan hal yang benar

rasa percaya diri pic
Sekalipun itu adalah hal-hal kecil, namun pujian anda dapat membuat dia merasa penting dan yang terpenting adalah dia akan tahu bahwa dia melakukan sesuatu yang baik.

2. Biarkan anak Anda melakukan sesuatu

supaya anak pd image
Mungkin dia beum cukup siap untuk melakukan tugas-tugas tertentu, namun biarkan dia melakukannya, anda bisa membantunya dan memberikan petunjuk sedikit demi sedikit hingga dia bisa menguasai hal tersebut,dan jangan tunjukan kekecewaan jika hasilnya belum terlalu baik.

3. Percaya pada anak anda dan biarkan dia tahu itu!

Jangan paksa dia menjadi sesuatu yang dia tidak inginkan. Biarkan dia tahu bahwa anda percaya pada kemampuannya untuk (kadang-kadang) melakukan hal yang besar.

4. Hanya kritik tingkah lakunya,bukan anak

Hindari terlalu banyak kritikan ketika dia melakukan hal yang salah dan jangan pernah mengkritik dirinya, namun kritiklah tingkah lakunya agar dia tau bahwa apa yang dia lakukan salah dan akan mengubahnya di kemudian hari

5. Tunjukkan minat anda dalam kepentingan anak

Mungkin akan terasa sangat membosankan bagi anda, karna anda mungkin tidak memahami cara mereka. Tapi itu adalah sesuatu yang penting baginya sehingga tunjukanlah minat pada hal-hal yang dia lakukan dan dia anggap itu penting.

6. Terima ketakutan dan rasa ketidakamanan anak anda.

Jangan pernah meremehkan mereka ketika mereka merasa takut akan hal yang mungkin tidak masuk akal bagi anda. Ingatlah saat ketika anda masih muda dan hal-hal yang membuat anda takut,mungkin anda akan bisa memahaminya.

7. Tertawa adalah obat terbaik


Tertawa bersama adalah cara yang mengagumkan untuk mempererat hubungan. Hal ini juga akan menjadi sesuatu yang anda berdua akan benar-benar nikmati.

Itulah beberapa tips untuk membangun kepercayaan diri pada anak, Ingatlah bahwa seorang anak percaya diri lebih mungkin untuk bahagia, lebih mungkin untuk disukai dalam hidup, dan lebih mungkin untuk berhasil dalam hidup.
 
Toggle Footer