Breaking News
Loading...

Penderita Penyakit TBC Bisa Kebal Terhadap Obat

16:56
Tuberkulosis atau yang lebih sering disebut TBC adalah infeksi paru-paru yang menular melalui bercak dahak  yang dikeluarkan penderita pada saat batuk,dan ketika terhisap oleh orang lain bisa membuat mereka tertular.


Ketika seseorang tertular, gejala seperti batuk tidak selalu langsung muncul melainkan beberapa bulan (atau lebih lama) ketika kondisi tubuh penderita sedang menurun atau ketika infeksi sudah parah.karna itulah sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ketika ada keluarga serumah anda yang terkena Tbc.
Penderita-Penyakit-TBC-Bisa-Kebal-Terhadap-ObatPenularan penyakit Tbc bisa dikendalikan apabila dilakukan pengobatan dengan baik dan benar,karna umumnya kuman berhenti menular ketika dilakukan pengobatan selama dua bulan pertama(6 bulan pengobatan).

Saat ini salah satu kendala yang mempersulit penyembuhan Tbc adalah pasien sendiri yang sering tidak menghabiskan obat atau menjadi putus asa karena masa pengobatan yang panjang,sehingga tubuh menjadi kebal terhadap obat tersebut hingga obat nmenjadi tidak efektif pada pasien.
Kekebalan yang dikenal sebagai multi-drug resistant TB (MDR-TB) ini menyebabkan pasien tidak sembuh secara sempurna.dan pengobatan menjadi lebih sulit dari sebelumnya,karna membutuhkan obat lain yang bisa menembus kekebalan tubuh pasien.

Saat ini,sekitar 175 orang meninggal di indonesia setiap hari dikarnakan Tbc,dan menempati peringkat ke 4 sebagai negara dengan korban Tbc terbanyak.dan penyakit pembunuh ke 3 atau 4 di indonesia setelah penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Karna itulah untuk mencegah lebih banyak korban,sangat disarankan jika seseorang yang sering berinteraksi dengan pasien Tbc selalu menjaga kondisi tubuh dengan memperbanyak konsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi,cukup tidur,berolahraga dan tidak stres.Dan periksakan diri anda walaupun tidak mengalami gejala-gejala seperti batuk,karna ada kemungkinan kuman belum aktif dan baru akan aktif ketika kondisi anda menurun.
 
Toggle Footer