Breaking News
Loading...

Ciri-Ciri Penyakit Lemah Jantung Dan Pencegahannya

23:38
Lemah Jantung adalah kondisi jantung yang tidak bekerja dengan normal dikarnakan fungsi jantung yang menurun ketika memompa darah. lemah jantung ini harus ditangani karna bisa menjadi lebih buruk sehingga membahayakan penderitanya.
Karna itulah kali ini saya akan membahas mengenai ciri-ciri penyakit lemah jantung agar kita bisa lebih waspada apabila mengalami ciri-ciri yang ada di bawah ini.

Mengalami sesak nafas

Ciri-ciri-penyakit-lemah-jantungKetika beraktifitas memompa darah,fungsi jantung yang berkurang bisa mengakibatkan darah kembali ke dalam jaringan pembulu darah dan menyebabkan oksigen menjadi kekurangan tempat sehingga penderita mengalami sesak nafas,hal ini bisa terjadi pada saat olahraga ataupun pada saat beristirahat bahkan pada saat tidur dengan gejala yang lebih parah.

Kelelahan

Fungsi jantung yang bekerja tidak maksimal mengakibatkan darah yang terpompa menjadi tidak cukup untuk kebutuhan tubuh.karna itulah dalah menjadi dialirkan ke bagian tubuh yang kurang penting dan mengakibatkan penderita sering merasa kelelahan dan sulit untuk menjalankan aktifitas yang berat.

Detak jantung tidak beraturan

Jantung yang berusaha untuk menyeimbangkan ketidakmampuannya memompa darah dengan cara berdenyut lebih cepak dan membuat penderita merasakan jantungnya berdebar-debar.

Batuk kronis

Adanya penumpukan cairan di paru-paru menyebabkan penderita mengalami batuk kronis yang kadang-kadang bisa disertai dahak yang bercampur dengan darah.

Nafsu berkurang

Aliran darah yang tidak mencapai hati menyebabkan hati dan sistem pencarnaan penderita berusaha untuk menerima pasokan darah namun gagal dan mengakibatkan rasa mual dan kenyang walaupun belum makan.

Penumpukan cairan dan pembengkakan

Terjadi pembangkakan pada bagian tangan dan kaki yang disebabkan aliran darah yang tidak lancar menuju ginjal hingga ginjal memproduksi hormon untuk menyimpan garam dan air.

Gangguan berfikir

Otakpun terkena imbasnya,aliran darah yang berkurang dan kadar zat yang abnormal seperti natriun menyebabkan berkurangnya daya ingat penderita.

Mencagah lemah jantung

Menguatkan kembali otot jantung yang sudah lemah sebenarnya masih bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat seperti :
  • Rutin menjalani olahraga ringan setiap hari selama kurang lebih 30 menit untuk melatih otot jantung anda.
  • Berhentilah merokok dan menjauhi asap rokok yang membuat lambatnya kerja jantung.karna zat karbonmonoksida yang terjadi pada saat pembakaran rokok membuat pengerasan pada pembuluh koroner.
  • Penimbunan lemak dapat memicu organ tubuh untuk bekarja lebih keras,termasuk jantung anda.jadi kurangilah lemak pada tubuh anda dengan menghindari makanan-makanan yang dapat membuat lemak menumpuk dan menghambat aliran darah.
  • Waspadai penyakit yang memiliki keterkaitan dengan jantung seperti diabetes dan kolesterol,penyakit ini juga merupakan pemicu lemah jantung dan serangan jantung.
Organ jantung mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi tubuh,kinerjanya bisa mempengaruhi  organ tubuh lainnya,jadi jagalah jantung anda dengan menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari resiko penyakit lemah jantung ataupun penyakit-penyakit lainnya, semoga bermanfaat.
 
Toggle Footer