Breaking News
Loading...

Apa Perbedaan Tumor Jinak Dan Tumor Ganas?

17:42
Apa yang pertama kali anda pikirkan ketika mendengar kata tumor? Benjolankah?
Ya,Memang itulah salah satu dari ciri-ciri tumor,dan tidak heran jika sebagian besar orang mengidentikan tumor dengan timbulnya sebuah benjolan pada organ tubuh yang mengganggu fungsi organ itu sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana harusnya.

perbedaan-tumor-jinak-ganasPengertian tumor secara medis adalah terbentuknya neoplasma yang disebabkan pertumbuhan sel tubuh yang tidak wajar,dan untuk beberapa sel yang tumbuh sangat cepat ini akan tampak menjadi sebuah benjolan jika telah mecapai tahap yang lebih lanjut.
Tumor mempunyai banyak jenis,Namun secara sifat dibagi menjadi dua jenis tumor yang sering kita dengar,yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Tumor jinak

Tumor-jinak
Dikatakan jinak karena cenderung berukuran dibawah 1-2 cm,dan biasanya terbungkus semacam selaput sehingga tidak mengalami perkembangan karena lokasinya menetap dan tidak menyebar untuk merusak jaringan lainnya.
Umumnya tumor jinak memiliki pertumbuhan yang lambat dan pada permukaan kulit tidak terjadi luka.dan apabila dilakukan operasi secara tepat,tumor ini jarang untuk kambuh lagi.

Tumor ganas

Penyakit yang juga biasa disebut sebagai kanker ini pertumbuhannya relatif lebih cepat karena memang bersifat aktif dan agresif dibandingkan tumor jinak.akibatnya di permukan tubuh akan timbul benjolan besar yang sering kali disertai luka pada permukaan kulit dan terjadi pembusukan yang tidak kunjung sembuh.
tumor-ganas
Tumor ini bersifat merusak jaringan disekitarnya dan jika yang terkena adalah pembulu darah bisa menimbulkan pendarahan seperti pada kanker paru-paru yang membuat penderitanya batuk disertai darah.

Itulah tadi perbadaan antara tumor jinak dan tumor ganas,walaupun demikian untuk menentukan sebuah tumor itu jinak atau ganas tidak cuma sesederhana itu,pemeriksaan oleh dokter tetap harus dilakukan untuk menentukan sebuah tumor itu jinak atau ganas.
 
Toggle Footer