Breaking News
Loading...

Penyebab dan cara mengatasi gatal di selangkangan

09:17
Daerah selangkangan yang gatal tentu membuat kita sangat terganggu, apalagi terkadang rasa gatal itu datang pada saat sedang berada ditempat ramai, tentu kita hanya dapat menahannya karna memang cukup memalukan.
Penyebab dan cara mengatasi gatal di selangkangan

Gatal diselangkangan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti jamur, bakteri, alergi pada makanan atau kondisi tertentu, kurangnya kebersihan, keringat berlebih, dan lain-lain. Namun umumnya memang disebabkan oleh jamur atau bakteri karna keadaan daerah selangkangan yang lembab memang menjadi tempat favorit jamur untuk berkembang biak, jadi sebaiknya kita menjaga daerah itu agar tetap kering dan bersih sehingga jamurpun menjadi enggan hingap disana.

Untuk mengatasi selangkangan yang gatal, anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini :

Jaga kebersihan
Sebelum mengobati sebaiknya pastikan dulu anda telah benar-benar menjaga kebersihan, agar pengobatan tidak menjadi percuma karna kebersihan yang kurang terjaga hanya akan membuat jamur datang kembali.

Konsultasikan ke dokter
Apabila gatal yang terjadi disebabkan oleh semacam alergi ketika makan makanan tertentu atau kondisi tertentu, konsultasikanlah ke dokter agar bisa mendapatkan resep yang tepat, dan sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa menyebabkan alergi kambuh.

Salep
Karna memang penyebab utamanya adalah jamur, salep mungkin menjadi pilihan utama ketika mengalami gatal di selangkangan, biasanya akan segera sehat dalam kurun waktu 1-2 minggu, namun apabila belum juga sembuh, anda mungkin bisa memilih cara alami seperti :
  •  Campur bawang putih dengan madu lalu gunakan sebagai obat oles
  • Cuci selangkangan dengan air rebusan daun sirih
Jangan digaruk
Menggaruk hanya akan membuat jamur semakin mudah berkembang, daerah yang gatalpun biasanya akan menjadi lebih lebar setelah digaruk. Selain itu kulit selangkangan yang cukup sensitif akan mudah sekali menjadi luka apabila digaruk.

Mandi dengan sabun antiseptik
Hal ini baik untuk mencegah ataupun membantu pengobatan gatal di selangkangan.

Ganti celana dalam
Sering-seringlah mengganti celana dalam apabila sedah terasa lembab atau kurang nyaman, jangan malas melakukannya.

 
Toggle Footer