Breaking News
Loading...

Bahaya mengkonsumsi mie instan

bahaya-mengkonsumsi-mie-instan

Mie instan adalah makanan yang biasanya menjadi pilihan ketika sedang tidak berselera dengan lauk yang ada di rumah ataupun menjadi makanan favorit untuk anak kost yang sedang berhemat. Hal ini mungkin karena rasanya yang enak, harga yang terbilang murah dan juga sangat praktis, sehingga mie instan sering menjadi pilihan dikala kantong kering ataupun ketika terserang penyakit malas masak.

Namun dibalik kelebihan-kelebihan itu semua, mie instan juga tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering apalagi jika dijadikan makanan utama sehari-hari. Hal ini dikarenakan beberapa kandungan yang terdapat pada mie instan bisa menumpuk didalam tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus, hal ini tentunya berdampak negatif untuk tubuh.

Beberapa manfaat negatif dari kandungan yang terdapat didalam mie instan jika dikonsumsi terlalu berlebihan adalah :

Melemahkan sistem kekebalan tubuh
Mie instan mengandung propylene glycol, yaitu zat anti beku yang mempertahankan kelembaban mie itu, ketika zat ini diserap oleh tubuh maka akan berpengaruh buruk untuk jantung,hati, dan ginjal. Lalu zat ini juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Penyebab berbagai penyakit
Kandungan natrium yang terdapat pada mie instan jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung,stroke,maag,hipertensi, dan menyebabkan kerusakan ginjal.

Jaringan otak
Penumpukan zat-zat berbahaya dapat mengganggu jaringan otak yang lama-kelamaan bisa menyebabkan stroke dan kelumpuhan.

Rentan kanker
Salah satu penyebab mie instan menjadi enak adalah kandungan MSG,namun konsumsi MSG yang berlebihan bisa menjadi pemicu penyakit kanker.

Obesitas
Konsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan obesitas karena jumlah lemak dan sodium yang tinggi tidak dapat diserap oleh tubuh akan menumpuk menjadi lemak.

Demikianlah pembahasan mengenai bahaya mie instan untuk kesehatan tubuh, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua.
 
Toggle Footer