Breaking News
Loading...

Jenis sakit mata yang menular dan penanganannya

22:11
Sakit mata tentunya sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, baik pada orang dewasa maupun anak-anak, dan yang lebih menyebalkan adalah beberapa jenis dari sakit mata ini sangat mudah menular sehingga tidak jarang kita temukan apabila salah satu anggota keluarga terkena sakit mata anggota keluarga yang lainnya juga terkena.

Jenis dari sakit mata ini ada cukup banyak dan tidak semuanya menular, dan pada artikel kali ini informasi-wow akan membahas mengenai jenis sakit mata menular yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri dan cara menanganinya, silahkan disimak.

jenis-sakit-mata-yang-menular-dan-penanganannyaKonjungtivitis
Jenis sakit mata ini disebabkan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi pada selaput yang melapisi mata dan biasanya menimbulkan beberapa gejala seperti mata merah, nyeri, gatal, belekan, berair, dan pengelihatan menjadi kabur. Penyebab dari infeksi ini adalah virus, bakteri, alergi, dan penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang.

Ketika anda terkena sakit mata jenis ini penanganannya adalah dengan cara mengompres mata dengan air hangat lalu berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan obat tetes mata atau salep yang diresepkan oleh dokter. Karna biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri maka obat tetes yang biasa di jual dipasaran mungkin tidak cocok karna memang biasanya obat-obatan itu untuk mengurangi infeksi akibat debu atau angin.

Dikarnakan sakit mata ini adalah jenis yang menular, disarankan untuk memisahkan peralatan yang digunakan oleh penderita seperti handuk, selimut, dan lain-lain untuk mencegak penularannya.

Trakoma
Sakit mata jenis ini disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis yaitu bakteri yang biasanya berkembang biak didaerah yang kotor dan bersanitasi buruk. Trakoma ini juga biasanya lebih sering menyerang anak-anak yang memang belum begitu sadar akan kebersihan.
Gejala yang biasanya ditimbulkan adalah mata merah, belekan, kelopak mata membengkak, dan kornea mata terlihat keruh.

Penanganan yang paling tepat adalah segera memeriksakan diri kedokter karna jika tidak segera ditangani dengan tepat akan menyebabkan pembentukan jaringan parut pada kornea mata sehingga bulu mata melipat kedalam dan mengganggu pengelihatan. Lalu jangan lupa untuk memisahkan benda atau peralatan yang digunakan penderita karna jenis sakit mata ini sangat menular.

Itulah tadi jenis sakit mata yang menular dan penanganannya, semoga bisa bermanfaat.
 
Toggle Footer