Breaking News
Loading...

Perbedaan tumor dan kanker

20:51
Perbedaan-tumor-dan-kankerKebanyakan orang menganggap bahwa tumor dan kanker itu adalah dua hal yang sama dan hanya berbeda nama saja, namun tidak begitu kenyataannya karna sebenarnya kanker dan tumor adalah dua hal yang berbeda. Nama tumor sendiri dalam bahasa latin adalah "tumere" yang memiliki arti bengkak atau benjolan, jadi semua benjolan yang terjadi di dalam ataupun permukaan tubuh bisa dibilang itu adalah tumor, tapi belum tentu kanker.

Tidak semua tumor adalah kanker karna tumor ini sendiri dibagi menjadi tumor jinak dan tumor ganas ( baca artikel perbedaan tumor jinakdan ganas ) dimana tumor jinak biasanya tidak bersifat infasif dan umumnya akan sembuh dengan sendirinya ataupun bila memang harus dilakukan pembedahan, tingkat kesembuhan tumor jinak ini cukup tinggi.
Sedangkan tumor ganas relatif cepat dalam perkembangbiakannya dan harus dilakukan pembedahan agar tidak berkembang lebih jauh

Bagaimana dengan kanker?


Kanker sendiri mempunyai nama lain yaitu "neoplasma" yang berarti neos(baru) dan plasma (pembentukan). Jadi kanker adalah pertumbuhan sel-sel jaringan baru yang tidak terkendali dan menyerang jaringan biologis lainnya.

Jadi bisa dikatakan tumor ganas yang berkembang biak dengan cepat ini dan bersifat merusak jaringan lain adalah kanker sedangkan tumor jinak yang tumbuh tidak terlalu cepat dan relatif tidak terlalu berbahaya bukanlah kanker.

Kita bisa mengatahui sebuah penyakit adalah tumor atau kanker dengan melakukan pemeriksaan biopsi agar bisa diketahui tumor itu adalah jinak atau ganas dan barulah setelah itu melakukan penanganan menurut penyakitnya karna umumnya tumor  dapat diatasi dengan melakukan operasi pengangkatan tumor sedangkan kanker biasanya membutuhkan serangkaian perawatan yang cukup lama seperti operasi, kemoterapi,terapi radiasi, dan lain-lain.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan tumor dan kanker semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua.
 
Toggle Footer