Breaking News
Loading...

Faktor penyebab kanker prostat pada pria

10:00
Kanker prostat umumnya terjadi pada pria setelah berusia diatas 50 tahun dan sebagian besarnya terjadi setelah berumur 70 tahun. Prostat ini sendiri adalah sebuah kelenjar yang terletak tepat dibawah kantung kemih pria dan berfungsi untuk menghasilkan cairan sebagai pembantuk sebagian komponen air mani pria.
Faktor penyebab kanker prostat pada pria

Penyebab dari kanker prostat secara detilnya belumlah sepenuhnya diketahui, namun ada beberapa hal yang dipercaya sebagai faktor penyebab atau sesuatu yang menambah resiko seseorang untuk terkena kanker prostat dan diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Faktor usia, semakin tua seseorang akan semakin beresiko untuk terkena kanker prostat
  • Riwayat keturunan, seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker prostat juga lebih beresiko
  • Merokok
  • Faktor hormon
  • Diet tinggi lemak
  • Dan toksin
Beberapa hal diatas disebut-sebut sebagai faktor resiko seseorang terkena kanker prostat.
Kanker prosatat ini pada stadium awal biasanya tidak menimbulkan gejala dan sel kanker pun masih terbatas pada prostat dan belum menyebar, pada stadium kedua pun sel kanker masih terbatas pada prostat namun mulai terlihat jelas pada saat melakukan tes kanker, dan pada stadium ketiga biasanya telah menyebar ke jaringan sekitarnya, lalu pada stadium keempat yang paling berbahaya ini biasanya sel kanker telah menyebar ke organ tubuh yang lebih jauh seperti hati atau tulang.

Kanker prostat adalah penyakit yang cukup berbahaya, jadi ada baiknya jika anda memiliki beberapa faktor resiko untuk memeriksakan diri sekitar umur 40 tahun-an agar bisa mencegah kanker prostat sedini mungkin.

Demikianlah informasi kesehatan mengenai faktor penyebab kanker prostat pada pria, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.
 
Toggle Footer