Breaking News
Loading...

Jenis dan gejala kista ovarium

19:14
Jenis dan gejala kista ovarium - Penyakit kista ovarium merupakan sebuah tumor jinak yang menyerupai sebuah kantung sebesar kacang almond, berisi cairan dan terletak disisi kanan atau sisi kiri rahim. Kista ini terbentuk didalam ovarium dan biasanya menimbulkan beberapa masalah kesehatan pada wanita seperti gangguan menstruasi, pendarahan, batang ovarium terlilit, atau bahkan tidak bisa hamil.

Jenis dan gejala kista ovarium

Kista ovarium biasanya mempunyai beberapa jenis sebagai berikut :

Fungsional
Kista ini terbentuk pada masa ovulasi dan akan hilang setelah 3 kali haid, kista jenis ini biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

Dermoid
Jenis ini biasanya lebih banyak ditemui pada wanita muda dan remaja, bisa tumbuh hingga mencapai 6 inchi dan biasanya akan menyebabkan peradangan danrasa nyeri pada saat bagian ovarium

Endometrioma
Ini adalah tipe yang sering muncul setelah wanita melahirkan anak dan biasanya sering menyebabkan nyeri pada pinggul.

Cystadenoma
Jenis ini adalah yang paling berbahaya karna biasanya terdapat sebuah tumor ganas didalam ovarium dan bisa tumbuh hingga cukup besar.

Polikistik
Hal ini adalah keadaan dimana ovaraium dipenuhi dengan kista, biasanya tidak terlalu berbahaya namus bisa mengganggu kesuburan seorang wanita.

Kista ovarium ini biasanya tidak menimbulkan gejala, namun pada sebagian kecil wanita menimbulkan gejala seperti :
  • Kram perut bawah dan nyeri pinggul
  • Haid yang tidak teratur
  • Nyeri pada saat berhubungan sexual
  • Mual dan muntah
  • Nyeri payudara
  • Perut terasa berat atau penuh
Demikianlah informasi kesehatan mengenai jenis dan gejala kista ovarium, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda yang membutuhkan.
 
Toggle Footer