Breaking News
Loading...

Penjelasan umum cara kerja jantung manusia

10:54
Cara kerja jantung manusia - Jantung manusia berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan menampung kembali darah yang telah dibersihkan oleh paru-paru. Jadi dari penjelasan yang sederhana itu seharusnya kita sudah mengetahui betapa pentingnya jantung, andai jantung mengalami hambatan dalam memompa darah keseluruh tubuh, maka dipastikan tubuh bisa kekurangan oksigen dan sejumlah nutrisi yang dibawa oleh darah.

Penjelasan umum cara kerja jantung manusia

Jantung bekerja tanpa henti-hentinya setiap waktu, secara berulang-ulang jantung berkontraksi mengosongkan isinya dan melakukan relaksasi untuk mengisi kembali, hal ini biasanya disebut dengan periode sisto ( saat berkontraksi mengosongkan darah ) dan diastol ( saat jantung berelaksasi mengisi darah ) .

Ketika darah kehabisan oksigen dan banyak mengandung karbondioksida (darah kotor ) mengalir menuju ke dalam atrium kanan dan mengisi darah disana, maka darah akan kembali didorong ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.
Darah dari ventrikel kanan kemudian akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju paru-paru. Darah ini akan mengalir melalui pembulu kapiler yang sangat kecil dan mengelilingi kantong udara di paru-paru lalu akan menyerap oksigen dan membuang karbondioksida lalu mengalir kembali menuju jantung.

Sedangkan darah yang berada didalam atrium kiri akan mengalir menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis, lalu kemudian akan mengalirkan darah bersih melewati katup aorta masuk ke dalam aorta. Darah yang kaya akan oksigen ini barulah akan dialirkan keseluruh tubuh ( kecuali jantung ) untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen.

Itulah tadi informasi kesehatan mengenai Cara kerja jantung manusia secara umum, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.
 
Toggle Footer