Breaking News
Loading...

Informasi mengenai penyakit jantung bawaan

20:33
Informasi mengenai penyakit jantung bawaan - Penyakit ini adalah kelainan pada organ jantung yang dialami oleh bayi sejak didalam kandungan. Seringkali tidak disadari karna memang tidak terlihat dan sering tidak terdiagnosa sebelum kelahiran yang biasanya disebabkan oleh kontrol kehamilan yang tidak baik.
Informasi mengenai penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan ini memiliki beberapa jenis dan memerlukan penanganan yang berbeda untuk setiap jenisnya, namun secara umum dibagi menjadi 2 kelompok yaitu sianotik dan asianotik. Kelompok sianotik biasanya akan dilakukan pembedahan karna memang struktur kelainan yang cukup kompleks, sedangkan untuk asianotik struktur kelainan biasanya lebih sederhana, namun tetap saja pada sebagian kasus memerlukan tindakan pembedahan.

Penyakit jantung bawaan ini walaupun diderita dari masa kecil namun gejala yang ditimbulkan tidak selalu nampak pada masa itu, bahkan kadang gejala baru terdeteksi setelah beranjak dewasa. hal ini biasanya terjadi pada penyakit jantung bawaan yang ringan karna sering kali tidak menimbulkan keluhan, berbeda dengan penyakit jantung bawaan yang berat, biasanya bisa menampakan gejala setelah beberapa bulan kelahiran.

Gejala yang paling sering timbul pada bayi adalah berubahnya warna bibir, kuku, atau lidah menjadi biru terutama pada saat menangis dan mengejan. hal ini disebabkan oleh kurangnya aliran darah. Namun hal ini tidak terjadi pada semua bayi, pada beberapa bahkan tidak menimbulkan gejala ini.

Demikianlah informasi kesehatan mengenai penyakit jantung bawaan, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.
 
Toggle Footer