Breaking News
Loading...

Tahukah anda apa penyebab leukemia ?

19:00
Apa penyebab leukemia ? - Penyakit leukemia atau yang lebih kita kenal dengan nama kanker darah adalah pertumbuhan sel-sel pembentuk darah yang tidak normal didalam sum-sum tulang lalu keluar dari sum-sum tulang sehingga menyebabkan terganggunya pertumbuhan sel darah yang normal dan sistem imunitas tubuh penderitanya.
penyebab leukemia atau kanker darah

Penyakit leukemia ini memang tergolong penyakit yang berbahaya karna bisa saja merenggut nyawa penderitanya, bahkan dalam beberapa kasus penyakit leukemia ini dapat merenggut nyawa hanya dalam waktu beberapa minggu bahkan beberapa hari, hal inilah yang biasanya disebut sebagai leukemia akut.

Penyebab leukemia atau kanker darah

Penyebab utama dari leukemia belumlah sepenuhnya diketahui, namun ada beberapa hal yang dipercaya bisa menjadi pemicu leukemia, diantaranya adalah.

Virus
Terdapat beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan leukemia seperti retrovirus, leukemia feline, dan HTLV-1 pada orang dewasa.

Radiasi
Pengaruh dari radiasi juga dikatakan sebagai penyebab dari leukemia, dari beberapa riset mengatakan bahwa seseorang yang sering berada di lingkungan yang terpapar radiasi lebih sering menjadi penderita leukemia. Bahkan korban yang terkena radiasi bom atom di hiroshima dan nagasaki juga ditemukan.

Bahan kimia
Bahan kimia pada industri seperti insektisida juga bisa menjadi penyebab dari penyakit leukemia ini.
Selain hal-hal diatas, beberapa sumber juga mengatakan bahwa pengobatan yang menggunakan radiasi atau kemoterapi yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan kanker juga bisa menimbulkan leukemia.

Itulah tadi informasi kesehatan mengenai apa penyebab leukemia, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membacanya.
 
Toggle Footer