Breaking News
Loading...

Penyebab mimisan pada orang dewasa dan anak

19:00
Pernahkah anda mengalami mimisan ?

Tahukah anda apa saja penyebabnya ?

Mimisan adalah pendarahan yang terjadi pada bagian hidung yang ditandai dengan mengalirnya darah keluar dari hidung. Walaupun mengeluarkan darah mimisan ini relatif tidak menimbulkan rasa sakit dan bahkan beberapa orang terkadang tidak sadar ketika mengalami mimisan dan baru tersadar ketika darah telah sampai pada bibir.

Mimisan ini bisa terjadi pada siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak dan terjadinyapun sangat tiba-tiba tanpa ada gejala sebelumnya. Mimisan memang umumnya akan berhenti dengan sendirinya, namun kita juga tidak bisa meremehkan mimisan terlebih lagi jika mimisan itu disebabkan oleh sebuah senyakit seperti demam berdarah contohnya.

Ada beberapa hal yang bisa menyadi penyebab seseorang mengalami mimisan dan diantaranya 
adalah.
    Penyebab mimisan pada orang dewasa dan anak
  • Alergi
  • Hipertensi
  • Flu berat
  • Perubahan cuaca yang ekstrim
  • Penderita sinus
  • Gejala penyakit tertentu seperti leukimia atau demam berdarah
Sedangkan untuk kondisi mimisan pada anak-anak biasanya disebabkan oleh faktor pembekuan darah yaitu ketika pembulu darah dan trombosit tidak dapat menutup luka dengan sempurna sehingga proses pembekuan darah tidak bisa berjalan dengan baik dan membuat darah mengalir keluar dari hidung. Atau biasanya juga bisa disebabkan oleh faktor organik yaitu gangguan sejak masih kecil seperti pembulu darah dihidung yang terlalu tipis atau rapuh sehingga menyebabkan anak mudah mengalami mimisan ketika melakukan aktifitas yang berlebihan.

Demikianlah informasi kesehatan mengenai penyebab mimisan pada orang dewasa dan anak, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.
 
Toggle Footer