Breaking News
Loading...

3 Penyakit yang menyebabkan gagal ginjal kronik

00:17
Terjadinya gagal ginjal kronik dikarnakan fungsi ginjal mengalami penurunan hingga tak mampu lagi untuk melakukan tugasnya yaitu menyaring pembuangan elektrolit tubuh dan tidak dapat lagi menyeimbangkan cairan dan zat kimia didalam tubuh,akibatnya  pembuangan zat-zat sisa atau racun harus dilakukan dengan cara cuci darah.


Penyakit yang menyebabkan gagal ginjal kronikUmumnya gagal ginjal terjadi dikarnakan adanya penyakit lain seperti kanker,diabetes melitus,dan tekanan darah tinggi yang membuat ginjal mengalami penurunan fungsinya hingga tidak berfungsi sama sekali.

Tekanan darah tinggi


Peningkatan tekanan darah yang berkepanjangan bisa merusak pembuluh darah disebagian besar bagian tubuh,dan ginjal sendiri memiliki jutaan pembuluh darah kecil yang berfungsi untuk menyaring zat-zat yang tidak diperlukan dan berbahaya bagi tubuh.
Ketika pembulu darah pada ginjal rusak,aliran darah menghentikan pembuangan zat-zat sisa.
Selain itu,Hipertensi sendiri merupakan penyebab gagal ginjal kronik kedua setelah diabetes.

Kanker

Salah satu hal yang membuat kanker menjadi berbahaya adalah sel yang tumbuh tak terkendali dan menyerang organ tubuh yang lainnya,tak terkecuali ginjal,fungsinya menjadi menurun ketika digerogoti sel-sel kanker.

Diabetes

Ketika insulin tidak diproduksi,glukosa tidak bisa menjadi energi dan beredar di pembuluh darah.ginjal yang bertugas sebagai penyaring darah menjadi bekerja keras karna kadar gula yang tinggi dalam darah.hal ini bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal dan terjadilah gagal ginjal kronik yang sangat berbahaya.
 
Toggle Footer