Breaking News
Loading...

Ketahui gejala dan cara mendeteksi kanker payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan sangat ditakuti oleh wanita,walaupun tidak menutupi kemungkinan bahwa pria juga bisa terkena kanker payudara,namun hingga saat ini penderita terbesarnya adalah para wanita,dan bahkan penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar kaum wanita di indonesia ataupun dunia.


Ketahui gejala dan cara mendeteksi kanker payudaraUntuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui gejalanya dan cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini agar terhindar dari resiko yang tidak di inginkan.

Gejala kanker payudara

  • Terdapat benjolan didaerah payudara,walaupun kecil dan tidak terasa sakit dan mengganggu,namun jika itu adalah kanker,maka lama kelamaan bisa menjadi besar,maka waspadailah.
  • Jika menemukan pembesaran getah bening di bagian ketiak atau pada lengan,sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan yang lebih akurat.
  • Darah yang berwarna merah ataupun agak kecoklatan keluar dari puting merupakan salah satu gejala kenker yang patut untuk di waspadai.
  • Puting penderita kanker payudara,umumnya tertarik kearah dalam,berwarnah merah atupun agak kecoklatan.kulitpun menjadi kerut seperti kulit jeruk.
Selain gejala-gejala diatas,ada cara yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi kenker payudara.
  • Angkat kedua lengan anda keatas kira-kira sekitar 15-20 detik dan turunkan dan rasakan apa yang terjadi pada ketiak atau pangkal lengan anda,jika terasa seperti kesemutan,bisa saja itu kanker payudara.
  • Tekan puting susu kedalam dengan jempol selama 20detik, lalu Rasakan apakah ada rasa hangat-hangat kuku disekitar lingkar payudara anda,jika iya segeralah periksakan diri anda ke dokter karna itu adalah ciri-ciri kanker payudara.
  • Pegang telinga kanan dengan tangan kiri melalui atas kepala dan tangan kanan memegang payudara kiri,putar 2 kali searah jarum jam, kemudian tekan puting, apakah keluar cairan seperti darah,nanah,atau bahkan asi? jika iya,lebih baik perksakan diri anda kedokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih detil mengenai cairan tersebut.
  • Tidur terlentang diatas tempat tidur dengan posisi tangan lurus diatas kepala dan kaki lurus. Lakukan selama 10 menit. Apabila tangan terasa pegal atau tidak kuat,ada kemungkinan itu dikarnakan kanker,maka segera periksakan diri ke dokter.
Itulah tadi beberapa gejala dan cara mendeteksi kankerpayudara,dengan membaca artikel diatas diharapkan kita menjadi lebih waspada dan tidak mengabaikan gejala-gejala yang timbul, semoga bermanfaat.
 
Toggle Footer