Breaking News
Loading...

Bahaya TBC pada anak, kenalilah gejalanya

02:21
Salah satu hal yang membuat TBC jadi begitu berbahaya adalah penyakit ini menular kepada anak-anak,dan ciri utama TBC yaitu batuk yang disertai dahak jarang terjadi dikarenakan TBC pada anak menginfeksi primer di parenkim paru-paru sehingga tidak menyebabkan refleks batuk dan menyebabkan gejala batuk berdahak yang sangat khas itu jarang ditemukan.

TBC sendiri adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis. Kuman ini sangat mudah menular melalui percikan dahak yang terbawa di udara.
Dikarenakan pada beberapa kasus TBC pada anak tidak menampakan gejala batuk berdahak sama sekali,maka ada beberapa hal yang bisa dilihat oleh orang tua sebagai gejala selain batuk berdahak,yaitu
    bahaya tbc pada anak kenalilah gejalanya
  • Demam berkepanjangan tanpa sebab yang jelas,tidak terlalu tinggi namun sering berulang dan disertai keringat pada malam hari.
  • Berat badan yang turun tanpa sebab dan tidak menunjukan perubahan dalam satu bulan walaupun telah mendapatkan asupan gizi yang baik
  • Diare yang tidak sembuh setelah diobati dan terjadi berulang-ulang kali
  • Lesu dan tidak ada nafsu makan
  • Pernah kontak dengan penderita TBC dewasa
Jika anak mengalami tanda-tanda diatas,memang belum tentu anak terkena TBC,namun sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dan penanganan yang cepat apabila anak memang terkena TBC.

Demikianlah informasi mengenai bahaya TBC pada anak,semoga bermanfaat.
 
Toggle Footer