Breaking News
Loading...

Tips menjaga kondisi tubuh pada saat puasa

01:03

tips-menjaga-kondisi-tubuh-pada-saat-puasa
Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa tahun 2013,selama satu bulan penuh kita akan berhenti makan dan minum dari mulai matahari terbit hingga terbenam.untuk itulah penting bagi kita untuk tetap menjaga stamina selama bulan Ramadhan agar tetap bisa menjalani aktifitas sehari-hari.

Untuk menyambut bulan ramadhan ini, informasi-wow akan berbagi tips untuk menjaga kondisi tubuh selama menjalani ibadah puasa,silahkan disimak.

Menu makanan
Pilihlah menu yang kaya akan serat seperti buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan yang kaya akan vitamin sangat disarankan pada saat sahur untuk mencukupi asupan vitamin seharian penuh.  Asupan karbohidrat pun tidak boleh kurang karena kita tidak akan menemuinya lagi hingga waktu berbuka tiba,jadi pastikan tubuh anda mendapat asupan makanan yang baik pada saat sahur dan berbuka.

Minum
Jangan lupakan anjuran untuk minum delapan gelas perhari, karena pada waktu siang hari kemungkinan kita akan kehilangan cukup banyak cairan.jadi pastikan anda tetap mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.

Olahraga
Pada saat puasa bukan berarti kita mengabaikan olahraga dengan alasan menguras stamina,justru dengan tetap berolahraga akan menjaga kondisi tubuh tetap segar dan tidak lemas. Namun pilihlah olahraga yang ringan dan tidak menghabiskan banyak stamina dan kurangi durasi olahraga.

Jangan balas dendam
Banyak orang yang melakukan balas dendam pada saat berbuka dengan cara menyantap makanan sebanyak-banyaknya,padahal itu tidak disarankan. Makanlah makanan manis dalam porsi yang kecil dahulu,lalu setelah itu baru melaksanakan makan besar dan itupun jangan berlebihan, berhentilah pada saat kenyang,bukan pada saat makanan telah habis.

Tidur
Tidur yang cukup adalah hak tubuh anda,maka dari itu cukupilah tidur anda yang kurang dengan tidur siang atau jika tidak memungkinkan untuk tidur siang hari,tidurlah lebih cepat pada malam harinya. Namun jangan tidur berlebihan pada waktu siang hari,terlebih lagi jika sampai berjam-jam, itu akan membuat anda menjadi lemas dan lesu pada saat bangun.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara menjaga kondisi tubuh pada saat puasa, semoga bisa bermanfaat.
 
Toggle Footer