Breaking News
Loading...

Berapakah detak jantung yang normal per menit ?

00:34
Tahukah anda berapa jumlah detak jantung manusia yang normal per menit ?
Jika anda belum mengetahuinya, maka anda telah berada di tempat yang tepat karena pada kesempatan kali ini blog informasi-wow akan membahas mengenai detak jantung normal manusia per menit.

berapakah detak jantung yang normal per menitUmumnya detak jantung manusia direpresentasikan sebagai bpm atau beat per minute. Untuk setiap orang pasti memiliki detak jantung yang berbeda-beda karena hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti keadaan emosi,kondisi fisik,usia,aktifitas,tingkat kebugaran,konsumsi obat-obatan,suhu udara,dan posisi tubuh saat mengukur.

Penting bagi kita untuk mengukur detak jantung karena detak jantung yang terlalu cepat atau sebaliknya biasanya menandakan adanya masalah pada organ tubuh terutama jantung.

Detak jantung yang normal berkisar antara 60-100(lebih rendah pada atlet yang bugar) dan waktu menghitung sedang dalam kondisi istirahat dan tidak melakukan aktifitas apapun.

Detak jantung yang baik adalah berkisar antara 60-79,dan sedangkan 80-100 bisa dikatakan kurang baik karna baru-baru ini beberapa peneliti mengatakan bahwa detak jantung 90 atau bahkan 80 per menit layak untuk dicurigai sebagai gangguan jantung,apalagi jika detak jantung per menitnya mencapai lebih dari 100,ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk berkonsultasi.

Demikianlah informasi singkat mengenai detak jantung yang normal per menit, semoga bermanfaat.

Note : artikel diatas berlaku untuk orang dewasa,sedangkan pada bayi dan anak-anak biasanya detak jantung akan lebih cepat dibandingkan orang dewasa.
 
Toggle Footer