Breaking News
Loading...

Penjelasan fungsi ginjal manusia

15:23
Tubuh manusia terdiri dari organ-organ penting yang masing-masing mempunyai tugas tersendiri dan salah satunya adalah ginjal yang mempunyai fungsi untuk menyaring racun didalam tubuh serta mengontrol pembuangan cairan tubuh melalui air seni.

Penjelasan fungsi ginjal manusia
gambar : 3D Science
Namun seperti organ lainnya,ginjal yang sangat penting ini kadang bisa terganggu kinerjanya oleh bermacam-macam sebab,seperti kurangnya asupan air atau disebabkan oleh penyakit lain yang diderita oleh pasien seperti diabetes melitus dan hipertensi.penanganannya pun tergantung apa penyebabnya,misalnya seseorang terkena ginjal karna diabetes melitus maka diabetes dululah yang harus diobati.

Penyakit ginjal ini mempunyai bermacam-macam jenis,dan yang banyak dikenal umum adalah gagal ginjal,batu ginjal,atau ginjal akut.

Didalam ginjal,terdapat saringan yang dinamakan glomerulus.alat ini berfungsi untuk menyaring zat-zat kimia seperti pengawet,pewarna,penyedap,dan limbah nitrogen hasil dari metabolisme protein yang tidak boleh masuk kedalam tubuh dan dikeluarkan melalui air seni.Tidak hanya mengeluarkan,glomerulus juga bisa mempertahankan zat yang berguna bagi tubuh seperti albumin dan glukosa agar tidak tersaring keluar.

Selain glomerulus,ada juga tubulus yang berfungsi untuk mengatur kekentalan air seni,keseimbangan asam-basah,dan mengatur elektrolit seperti kalium,fosfor,natrium,dan kalsium.

Penjelasan akan fungsi dari ginjal diatas dengan jelas menyatakan behwa ginjal begitu penting bagi manusia,dan sebagai pemilik ginjal,sudah seharusnya kita menjaga ginjal agar selalu sehat dengan menjalani pola hidup sehat dan menjauhi makanan atau minuman yang mengandung banyak bahan kimia agar kerja ginjal tidak menjadi begitu berat.
Demikianlah artikel kesehatan mengenai fungsi ginjal manusia, semoga bisa bermanfaat.
 
Toggle Footer