Breaking News
Loading...

Diabetes bisa picu gagal jantung

00:29
Gagal jantung terjadi karena penurunan kerja jantung sehingga tidak bisa memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jantung yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan tubuh menjadi bekerja keras untuk jangka waktu yang lama dan menyebabkan otot jantung menjadi membesar sehingga berkontraksi lebih kuat,hal ini menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk memompa dan terjadilah gagal jantung.

diabetes-bisa-picu-gagal-jantung
gambar: google.com
Penyebab gagal jantung umumnya dikarenakan kondisi tertentu yang menurunkan kinerja jantung seperti diabetes,hipertensi,ataupun obesitas.

Penting bagi seseorang yang mengalami diabetes untuk rutin melakukan cek gula darah dan kolesterornya agar terhindar dari serangan jantung mendadak,karna banyak kasus dimana awal dari serangan jantung adalah tingginya kadar gula dan kolesterol.
Selain itu kita juga harus memperhatikan hal-hal yang dapat memperbesar resikonya.

Gagal jantung termasuk penyakit yang sulit untuk dipresiksi,namun ketika seseorang mengalami gagal jantung akan mengalami beberapa gejala seperti nyeri dada,batuk yang parsisten,pembengkakan diperut dan kaki,sulit berkonsentrasi,lelah dan lemas,sesak nafas (bahkan dalam keadaan istirahat),dan irama jantung berdebar yang tidak teratur.
 
Toggle Footer