Breaking News
Loading...

Penjelasan dan cara penularan penyakit hepatitis A,B,C,D,dan E

00:02
Penyakit hepatitis adalah terjadinya peradangan atau pembengkakan pada organ hati. Umumnya hepatitis dibagi menjadi akut dan kronis,yaitu pembedaan jenis hepatitis dimana akut biasanya terjadi dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama atau kurang dari 6 bulan,sedangkan hepatitis kronis bisa terjadi sangat lama,lebih dari 6 bulah bahkan bisa terjadi seumur hidup pasien.

Ada beberapa hal yang menyebabkan penyakit ini seperti konsumsi obat yang berlebihan,pola makan yang buruk,dan pola hidup tidak sehat.namun umumnya penyebab utama penyakit ini adalah virus hepatitis,dan virus ini pun dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti hepatitis A, B, C, D, dan E.

Penularan virus Hepatitis

  • Hepatitis A
Virus ini bersifat akut karna tidak menjangkiti seseorang dalam waktu lama dan jarang menyebabkan kerusakan hati yang permanen.virus ini juga biasanya menghilang sendiri setelah beberapa minggu.
Penularan hepatitis A terjadi melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh tinja yang terinfeksi virus,kurangnya kesadaran akan kebersihan terlebih lagi ketika menyiapkan dan menyantap makanan membuat virus ini menjadi lebih mudah untuk menular.
  • Hepatitis B
Penjelasan dan cara penularan penyakit hepatitis A B C D EVirus ini termasuk berbahaya karna walaupun sebagian besar kasus penyakit ini bisa menghilang sendiri,namun terdapat beberapa kasus dimana virus ini berkembang menjadi kronis dan menyebabkan kanker hati.
Penularannya melalui hubungan sexual,darah,dan dari ibu ke anak ketika melahirkan.
Hal yang membuat virus ini lebih berbahaya lagi adalah penularannya tidak hanya melalui seseorang yang sakit,namun juga bisa juga melalui orang yang sehat yang membawa virus (tidak mengembangkan virus).
  • Hepatitis C
Sebenarnya virus ini hampir sama dengan hapatitis B dikarnakan cara penularan dan gejala yang ditimbulkan relatif sama,namun virus ini lebih berbahaya karna sebagian besar virus ini bertahan pada tubuh penderita dan menyebabkan penurunan fungsi hati.
  • Hepatitis D
Ini adalah virus hepatitis yang sangat berbahaya,karna penderitanya beresiko tinggi untuk mengalami gagal hati akut.dan bukan hanya itu saja,virus inipun berpeluang besar untuk menjadi kanker hati.
Penularan virus ini mirip dengan hepatitis B, dan hanya bisa berkembang biak melalui pertolongan virus hepatitis B.
Jadi setiap orang yang menderita hepatitis D,awalnya pasti memiliki hepatitis B.hal inilah yang membuat virus ini menjadi lebih jarang ditemukan dibandingkan virus hepatitis lainnya.
  • Hepatitis E
Virus ini umumnya mirip dengan hepatitis A dari segi penularannya yaitu penerapan standar kebersihan yang buruk.virus inipun umumnya sembuh tidak dalam waktu yang terlalu lama.
Namun pada beberapa orang (terutama ibu hamil),virus ini dapat menyebabkan gagal hati akut yang berbahaya.

Itulah tadi penjelasan tentang perbedaan dan cara penularan virus hepatitis, Semoga bermanfaat.
 
Toggle Footer