Breaking News
Loading...

Penjelasan tentang apendisitis (Radang usus buntu)

23:21
Usus buntu biasanya dianggap sebagai organ yang tidak penting bagi sebagian orang,hal ini dikarnakan belum diketahui dengan pasti apa fungsinya.namun bagi sebagian yang lain mempercayai bahwa usus buntu pasti memiliki kegunaan tertentu,hanya saja kita yang belum terlalu mengetahuinya,karna tidak ada satupun bagian tubuh manusia yang diciptakan dengan sia-sia.

Organ ini terletak dibagian bawah usus besar dan memiliki panjang yang bervariasi atau sekitar 5-10 cm dan berbentuk seperti benjolan kecil seperti jari.

Usus buntu kadang mengalami peradangan yang disebut dengan apendisitis,disebabkan oleh penyumbatan di dalam usus buntu yang menyebabkan peradangan,hal ini terjadi pada kebanyakan kasus,namun penyebab sebenarnya belum sepenuhnya dimengerti.

penjelasan tentang apendisitis radang usus buntuPeradangan yang terjadi dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan usus buntu menjadi membengkak dan pecah,hal ini cukup berbahaya karna bisa menjadi jalan masuk bagi kuman kedalam perut atau pembuluh darah. lalu juga bisa menyebabkan infeksi pada indung telur dan salurannya serta menyebabkan penyumbatan pada salurannya sehingga bisa menyebabkan kemandulan (pada wanita).

Apendisitis ini memiliki gejala yang cukup khas,yaitu kombinasi antara mual,muntah, dan nyeri di bagian kanan perut sebelah bawah (kadang secara mendadak bisa timbul dari perut sebelah atas lalu kebagian pusar dan penderita menjadi mual-mual dan muntah lalu barulah rasa nyeri berpindah kebagian bawah perut).
Namun terkadang gejala yang ditimbulkan juga sangat mirip dengan gejala penyakit lain seperti penyakit maag.

Pengobatan apendisitis yang berat, biasanya dilakukan dengan cara operasi secepat mungkin untuk menghindari pecahnya usus buntu yang bisa mengakibatkan peradangan serius,karna jika dioperasi setelah usus buntu pecah,bisa mengakibatkan proses pemulihan yang lambat dan memiliki resiko terjadinya komplikasi pada organ tubuh yang lain.
 
Toggle Footer